- pemberhentian -

bukan berarti berhenti atau telah sampai pada tujuannya, namun mencoba untuk mencari makna dan melihat kembali perjalanan yang telah dilakukan selama ini.
Mencoba untuk belajar dari setiap langkah yang terangkum dalam gambar.

Minggu, 11 Desember 2011

Ziarah Makam Romo Sanjaya

Peziarah

Jumat pertama setiap bulannya merupakan hari istimewa bagi umat Katholik. Terlebih untuk memanjatkan doa atau yang biasa disebut dengan devosi untuk orang-orang Kudus. Devosi adalah mendoakan, mensyukuri dan memohon kepada Tuhan melalui perantaraan orang Kudus yang didoakan. Pada kesempatan ini biasanya umat menyempatkan diri untuk ziarah. Salah satunya adalah Makam Romo Sanjaya. Meskipun devosi untukRomo Sanjaya khusus diadakan setiap Selasa Kliwon setiap bulannya,tempat ini pasti ramai dikunjungi peziarah.

Suka Rela Berdoa


Kushuk

Makam Romo Sanjaya terletak di Kerkoff Muntilan, sebuah kota kecil yang memiliki julukan Betlehem van Java. Di lereng Gunung Merapi inilah romo Sanjaya berkarya memperjuangkan kebenaran sampai ia wafat. Ia pun boleh dianggap martir dan karena itu pula umat dipersilakan mendoakan devosi oleh Gereja Katolik. Bagi orang Muntilan, Romo Sanjaya adalah seorang yang Kudus bahkan dipercaya akan menjadi Santo(orang Kudus) pertama dari Indonesia.

"Yang datang kesini itu gak cuma orang Katolik mas, tapi siapa aja yang percaya boleh datang kesini. Bahkan dulu ada seorang Kyai pun ziarah kesini bahkan juga ada pertapa pernah mampr makam beliau", ujar Pak Petrus yang sudah sejak 1987 menjaga Kerkoff Muntilan, meskipun sekarang lebih banyak anaknya yang mengurus.

Perziarahan bukan hanya mengenang tapi juga bagaimana kita diingatkan tentang adanya sebuah kehidupan apakah itu kelahiran atau pun kematian, yang terpenting adalah proses hidup yang dijalani. Proses untuk hidup sebagai mahluk ciptaan-Nya. :)


Doa Universal

Rapal Doa

Kepentingan Peziarah


Medium Doa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar